Apa Penyebab TerJadinya Eutrofikasi [ Biologi ]

Apa Penyebab TerJadinya Eutrofikasi 
Label Biologi sekolah menengah pertama ( SMP ) kelas 7 / VII dalam materi pencemaran lingkungan, limbak organik Eutrofikasi.
Apa Penyebab TerJadinya Eutrofikasi

Eutrofikasi adalah sebutan atau hal yang terjadi karena adanya pencemaran dari limbak organik mulai dari pupuk yang tercampur ke air. Dampak yang dihasilkan dari hal ini ialah semakin bagusnya pertumbuhan alga air jadi pertumbuhannya berlebihan.

Penjelasan
Langsung ke penyebab Eutrofikasi atau ledakan jumlah tanaman seperti alga air yang tidak terkontrol. Jadi air yang mengalir dan menyebabkan pertumbuhan alga semakin bagus karena kandungan dari nitrogen sangat banyak sehingga ini menjadi nutrisi dari alga tersebut.

Nitrogen atau fosfat merupakan unsur yang bisa merangsang pertumbuhan tanaman. Namun itu ada efek buruk jika alga air ini menutupi dari permukaan air, karena sinar matahari tidak masuk ke dalam air sehingga air kekurangan akan oksigen yang menghambat proses fotosintesis tumbuhan.

Dampak buruk dari ledakan alga air di perairan dan juga di bidang lain :

  1. Ledakan alga membuat perairan penuh akan tanaman ini, sehingga kurang begitu sedap untuk dipandang. Jika tempat itu adalah tempat pariwisata tentu juga bisa mempengaruhi dari keberadaan tempat tersebut.
  2. Seringkali membunuh ekosistem tumbuhan di muara, tak hanya tumbuhan tapi hewan juga.
  3. Menimbulkan bau tak sedap atau busuk. 
  4. Ikan-ikan bisa mengalami keracunan, sehingga para peternak ikan menjadikan ini adalah suatu kekhawatiran.


Post a Comment for "Apa Penyebab TerJadinya Eutrofikasi [ Biologi ]"

Mendukung Kami Dengan Klik Iklan.