Mengapa sistem pemungutan pajak dibuat mudah atau tidak berbelit belit?

Mengapa sistem pemungutan pajak dibuat mudah atau tidak berbelit belit? 
Pajak merupakan salah satu pendapatan baik untuk negara dan juga untuk daerah, yang mana nanti pajak ini akan memutar seperti dari rakyak, untuk rakyak dan oleh rakyat. Kita ambil contoh paling simpel mengenai pajak yaitu pajak kendaraan bermotor.

Pajak ini wajib hukumnya untuk orang yang mengendarai sepeda motor dengan patuh setiap tahunnya bisa melalui samsat untuk pembayaran. Pembayaran pajak kendaraan sendiri ada yang tahunan dan juga ada yang per 5 tahun sekali.  Dan juga ada alasan mengapa anda yang akan membayar pajak dipermudah oleh instansi pemerintahan sebagai penyelenggara pengumpul pajak.
Mengapa sistem pemungutan pajak dibuat mudah atau tidak berbelit belit?

Contoh kecil saja untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor, tidak perlu datang langsung ke polres yang mana mungkin anda jauh untuk menjangkaunya. Dengan ini maka diberlakukannya samsat keliling sesuai jadwal dari pelayanan masing-masing kecamatan. Atau juga pembayaran pajak secara online jadi hanya dari rumah saja pengguna kendaraan bisa dengan mudah membayarnya.

Jika mengenai pembayaran pajak dinilai susah baik oleh para pakar atau juga masyarakat itu sendiri tentunya sumber pemasukan negara juga akan jauh tidak seperti yang diharapkan meskipun itu hanya sedikit. Meliputi semua kendaraan jika itu pajak mengenai kendaraan bermotor. Dan tidak hanya kendaraan bermotor saja yang bisa dikenakan pajak dan wajib untuk membayarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Yang lain seperti pajak bumi dan bangunan, pajak profesi hingga pajak yang lain. Dan nyatanya pajak sendiri merupakan jalan untuk meratakan pembangunan yang bersinergi untuk bangsa dan negara. Maka dari itu pajak berperang sangat penting sekali.

Pajak sendiri bisa dibedakan menjadi 4 fungsi yang penting. Fungsi anggaran, fungsi Redistribusi pendapatan, fungsi mengatur dan juga fungsi stabilitas. Bayangkan saja jika banyak orang yang tidak membayar pajak karena pemerintah mempersulit, akan banyak sekali orang yang malas untuk bayar pajak.

Dan ini juga menjadi alasan supaya pembangunan merata dan cepat maka perlu sumber anggaran dari pajak itu sendiri. Pajak sendiri juga punya sifat memaksa dalam artian adalah wajib sekali membayarnya.

Post a Comment for "Mengapa sistem pemungutan pajak dibuat mudah atau tidak berbelit belit?"

Mendukung Kami Dengan Klik Iklan.