Inilah Beberapa Alasan Indonesia Disebut Sebagai Negara Berkembang

Mengapa Indonesia masih disebut Negara Berkembang ?

Negara Berkembang - Untuk menjadi Negara yang dikatakan maju harus memenuhi syarat dimana bisa dibilang negara maju, Negara yang belum maju bisa disebut dengan Negara berkembang. Banyak sekali alasan suatu Negara di sebut Negara Berkembang, Salah satunya tingkat pertumbuhan penduduk yang lumayan tinggi atau ledakan penduduk dalam waktu singkat. Ledakan penduduk biasanya karena angka tingkat kelahiran sangat tinggi dibandingkan angka kematian yang cenderung mengalami penurunan. Indonesia merupakan contoh Negara yang punya itensitas angka kelahiran tinggi pertahunnya, maka dari itu bisa dikatakan negara berkembang.
Mengapa Indonesia masih disebut Negara Berkembang ?

Mengapa Indonesia masih disebut Negara Berkembang ?


Sebetulnya banyak faktor suatu negaa di katakan sebagai Negara berkembang, diantaranya :

  • Tingkat pengangguran yang cukup tinggi baik di perkotaan dan juga pedesaan yang mengakibatkan pendapatkan perkapita dalam kurun waktu tertentu di angka rendah. Pengangguran sendiri biasanya diakibatkan oleh angka lowongan kerja lebih sedikit dibandingkan jumlah pencari kerja.
  • Tingkat Produktivitas rendah yang tidak diimbangi dengan jumlah angkatan kerja yang mana mengakibatkan lemahnya daya beli masyarakat di sektor usaha tertentu.
  • Kualitas hidup rendah bisa meliputi Kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok, pendidikan, kesehatan, gizi buruk dan lain-lain.
  • Masih bergantung pada sektor pertanian.
Sebetulnya banyak sekali usaha selain pertanian yang punya prospek bagus, misalnya saja jika penduduk punya lahan di pinggir jalan yang strategis bisa untuk membuka usaha restorant. Selain itu juga lahan yang luas bisa juga untuk membuat kolam budidaya ikan yang menguntungkan.
  • Banyaknya kasus kejatahan.
Tingkat kasus kejahatan atau kriminalitas di suatu deerah juga bisa menjadikan lambatnya perkembangan ekonomi di daerah tersebut sehingga menurunkan minat banyak investor untuk berinvestasi. Sekarang ini investasi sangat berpengaruh besar sekali. Misal perkebunan. industri pariwisata dan juga bisnis properti yang menjanjikan.
  • Kurangnya interaksi sosial antara masyarakat dengan pemerintah.
  • Kurangnya berbagai lembaga pembinaan untuk masyarakat.'
Kekurang tahuan dan juga informasi di pedesaan melalui pembinaan juga mempengaruhi pendapatan perkapita yang mana jika bisa menghasilkan warga binaan usaha tertentu yang kompeten alhasil pendapatan perkapita suatu daerah lambat laun akan meningkat.

Sekian ulasan mengenai mengapa Indonesia masih dikatan Negara berkembang dan semoga bermanfaat untuk kalian juga share ulasan ini ke teman kalian.

Post a Comment for "Inilah Beberapa Alasan Indonesia Disebut Sebagai Negara Berkembang"

Mendukung Kami Dengan Klik Iklan.