Inilah Komponen Lengkap Untuk Membangun Desain LAN

Komponen Untuk Membangun Desain LAN 

Komponen Untuk Membangun Desain LAN, LAN atau lebih dikenal sebagai jaringan lokal atau jaringan yang punya ruang lingkup yang cukup terbatas. Dan jangkauan ini sendiri sangat pendek sekali, hanya untuk satu area saja. Jaringan jenis ini biasanya digunakan pada area kantor dalam satu gedung dan juga sekolahan. Dilihat dari Komponen yang digunakan, jaringan ini memang ringkas dan perangkat pendukung yang diperlukan juga sangat sedikit. Karena tujuan dari jaringan lokal ini hanyalah untuk menghubungkan beberapa unit komputer saja. Itu pun dengan jarak yang sangat dekat dengan bantuan kabel jaringan.

Desain jarigan LAN sendiri sangat bermacam-macam dan masing-masing punye kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga pemilihan model jaringan LAN ini disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Misalnya jaringan dengan desain BUS, RING hingga BUS.

Dalam jaringan sendiri pasti adanya 2 peran yaitu sebagai Client dan juga server yang mana dari keduanya sangat berkaitan. Server tidak bisa bekerja bila tidak ada Clientnya serta mengapa client dibuat kalo tidak ada servernya. Banyak sekali kita membuat jaringan dalam suatu perkumpulan dengan unit komputer lebih dari satu. Perangkat juga bisa masuk jaringan ini seperti Personal Computer, Laptop atau yang lain. Tidak lain untuk mempermudah anda dalam pertukaran informasi atau juga data baik dari Server ke Client atau juga dari dari Client ke Server. 

Komponen Yang Digunakan Membuat Desain LAN

Desain atau juga rancangan yang dimaksudkan dalam membuat jaringan LAN ini sendiri adalah sketsa kasar yang berisikan komponen yang diperlukan. Biasanya juga dilengkapi dengan setingan seperti IP Address, DNS dan juga gateway atau juga IP yang lain untuk koneksi internet.

Pertama 2 perangkat komputer atau lebih, Kesemua perangkat tersebut harus memenuhi persyaratan seperti harus adanya perangkat jaringan berupa NIC atau Network Interface Card atau kartu jaringan. Kartu jaringan ini bermacam-macam baik yang sudah terpasang atau internal atau kita perlu menambahkan hardware eksternal lagi. Dari kesemuanya itu, salah satunya dijadikan komputer Server dan yang lain otomatis akan dijadikan komputer Client.

Kedua kabel jaringan, kabel jaringan yang sering digunakan saat ini ialah kabel UTP dengan koneksi PORT RJ45. Dan bila sekarang ini kalian beli laptop atau komputer tidak perlu beli NIC lagi karena sebagian besar produsen MotherBoard sudah mengaplikasikan NIC On Board artinya sudah ada dari pabriknya. Namun bila bagian komponen Jaringan anda bermasalah anda bisa menggunakan Kartu jaringan tambahan agar bisa digunakan.

Switch HUB, Dalam membuat rancangan bangung jaringan kalian harus benar-benar paham akan dari fungsi HUB yang satu ini. Banyak dari kalian yang mungkin masih bingung membedakan antara perangkat ini dengan router. Fungsi dari Switch ini sendiri tidak lain untuk menerima dan juga menganalisa lalu lintas paket data dari pengirim ke pihak tujuan. Baik itu dari Client ke Server atau sebaliknya atau juga sesama Client.

Membangun jaringan ini sangat penting sekali untuk mengirim data atau yang lain tanpa harus dengan cara konvensional seperti menggunakan flasdisk. Dan beberapa pengaplikasian dikehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan proses pengolahan data.

Sekian informasi yang kami berikan mengenai apa saja komponen yang digunakan dalam membangun atau membuat desain rancangan desain jaringan LAN. Jika artikel ini membantu kalian semua, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman kalian. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Inilah Komponen Lengkap Untuk Membangun Desain LAN"

Mendukung Kami Dengan Klik Iklan.