Contoh Teks Naskah Drama 5 Orang Tema Persahabatan

Contoh Naskah Drama Singkat 5 Orang Tema Persahabatan
Membuat teks drama merupakan hal yang mudah, namun untuk kalian yang baru pertama kali mungkin sedikit lama bagaimana merumuskan alur, pemeran didalamnya hingga seting waktu dan tempat. Dan yang paling sulit ialah menentukan tema jika kalian membuat tema drama sendiri. Namun kali ini saya akan membagikan teks drama yang sangat sederhana dan sangat mudah dihafalkan jika ingin mempresentasikan atau mempraktikan naskah drama ini didepan kelas. Alur atau plot juga tidak terlalu membingungkan dan yang pasti masuk nalar karena saya ambil contoh dari kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :
  1. Manfaat dan kekurangan Teknik Pemanggangan pada makanan.
  2. Senyawa Pembakaran kayu yang bisa menyebabkan kanker.

drama
Dalam naskah berikut terdapat beberapa unsur mengenai komedi sekolah yang pemerannya adalah anak-anak sekolah. Silahkan simak dengan seksama agar nanti lebih mudah memahami naskah drama ini. Akan saya buatkan mulai dari komponen drama seperti biasanya. Untuk naskah drama yang bersifat sederhana dan dipraktikkan didepan untuk penilaian guru komponen seperti tata lampu, tata busana, tata rias, sutradara hingga tata panggung boleh tidak diterapkan.

Contoh Naskah Drama Teater pemain 5 orang
Semakin banyaknya jumlah pemain suatu drama tentu akan memperpanjang naskah dan juga durasi dari pada berjalannya drama tersebut. Apalagi dengan multi seting yang lebih dari satu karena pasti terjadi pergantian pemeran dari satu ke yang lain. Jika untuk keperluan tugas dari guru, alangkah baiknya menerapkan drama yang singkat dan tidak menghilangkan pokok atau inti tema dalam drama tersebut. Berikut langsung saja.


Riuh pembatan drama kelompok ( Judul )
Tema : Sahabat
Pemain :
  1. Riski.
  2. Ilham.
  3. Susan.
  4. Hana 
  5. Yuki
Tema : Persahabatan
Di Suatu kelas yang sedikit riuh, murid-murid terdiam dalam sekejap. Usut punya usut para siswa sudah mendapatkan firasat tidak menyenangkan yaitu datangnya tugas dari guru tercinta. Hari itu ialah hari yang panas, serasa malas untuk memulai diskusi dengan kawan yang lain, tapi apa boleh buat tugas tetaplah tugas. Tepat dipelajaran Bahasa Indonesia seorang guru tanpa ragu memberi tugas yaitu membuat naskah drama yang nanti dipraktikkan di antara rekan kelompok yang lain, beradu mana yang lebih menarik dan lucu tentunya. 

Namun dalam kelompok harus berisikan 5 anggota yang kebetulan murid dikelas tersebut berjumlah 35 orang. Terbagi menjadi 7 kelompok rata beranggota. Setiap regu bebas masuk dan juga pilih anggota mana yang bisa memperkuat tim mereka. Nah, dari situlah kejadian-kejadi unik, lucu dan juga menegangkan dimulai.

Yuki :" Siapa nih yang pingin gabung tim aku? " Tanyanya sangat keras karena ia dikenal sebagai perempuan yang bersuara lantang. Pasti membuat hal tersebut menjadi pusat perhatian. Tidak hanya teman yang lain namun teman yang sudah masuk kelompoknya pun sukses dibuat malu. 
Ilham : Idih ki! apaan si, Sahut ilham dengan nada yang tak begitu keras.
Hana & Susan : "hahahaha!. Entah kejadian itu adalah hal lucu yang sontak menjadi bahan eksekusi dari hana, teman sepermainan yuki. Untuk Susan juga ikut meramaikan saja, yang menurutnya itu lucu.

Setelah hal-hal itu mereka diam sejenak, dan yuki serasa menahan malu atas perbuatannya yang dikenal cukup berani. Karena daripada memikirkan membentuk kelompok yang bisa memakan banyak waktu. Mereka bertiga berinisiatif untuk membuat tema terlebih dahulu yang kiranya mudah dikerjakan dengan anggota 5 orang. Ber-empatnya pun diam mencoba mencari gagasan masing-masing yang nanti diusulkan, diantara teman-teman yang lain yang sibuk mencari kelompok untuk dipinang.

Susan : " Btw, ni kelompok kurang 1 orang yah?" Tanyanya yang hanya diperhatikan oleh beberapa teman anggota kelompoknya. " Bagaimana kalo kita si iki?"
Ilham : " Nah boleh tuh!, 
Ilham : " KI! sini!
Si iki atau Risky ini juga tak ambil pusing dalam kelompok, ia juga sudah memikirkan tema dan isi drama apa yang dibuat jika temanya pilih untuk kelompok. Dan akhirnya kelompok mereka telah sempurnya , saatnya untuk membuat naskah drama lainnya. Terlihat kelompok lain masih sibuk dengan perangcangan kelompok.

Hana : " Udah jadi nih tema aku, coba punya kalian mana? coz nanti bisa tau tema apa yang mudah dibikin, atau judul nya aja lah urusan tema nanti pikir belakangan"
Yuki : " Gimana kalo drama cerdas cermat? kan simple tuh, 2 orang 2 orang jadi peserta yang satu jadi pemberi pertanyaan. Gimana?"
Risky : " Gimana kalo tugas drama ini dijadikan drama? kan pas 5 orang juga. Setiap apa yang kita lakuin tadi bisa dimasukin dalam naskah drama. Tak perlulah karang mengarang. 

Ke-empat anggota lainnya pun terdiam sejenak mendengar perkataan risky yang tak memikirkan ide brilian itu sebelumnya.

Yuki : " Astaga! iya yah, kenapa aku ga kepikiran " ketiga teman yang lain juga harus merelakan gagasan tema mereka harus tereliminasi dari gagasan Risky yang amat brilian itu. Risky memang dikenal dengan murid pendiam namun dibekali kepintaran dan kepandaian.

Akhirnya naskah drama selesai dengan cepat karena dari masing-masing anggota kelompok tersebut masih ingat dengan alur dan juga kata-kata yang mereka katakan. Disamping kelompok yang lain baru saja selesai membentuk sebuah tim. 

Itulah contoh drama pemeran 5 orang yang sangat singkat dan juga jelas, kalian nanti bisa mengembangkan sendiri sesuai keinginan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Contoh Teks Naskah Drama 5 Orang Tema Persahabatan"

Mendukung Kami Dengan Klik Iklan.