Contoh Artikel Tentang Kebudayaan Indonesia

Contoh artikel tentang kebudayaan Indonesia - Zamrud Khatulistiwa, suatu julukan untuk sebuah wilayah mempunyai nama Indonesia. Sebuah lokasi di Asia Tenggara dimana menghampar hamparan alam hijau nan permai, birunya laut yang luas, dengan berbagai-jenis hayati yang akan menciptakan siapa saja terkesima. Tanah yang subur Duncan sekian banyak sumber daya alam utama yang dari manfaatnyanyaris semua bangsa di dunia ini membutuhkan. Hal tersebut pula yang mengilhami sejumlah negara hendak menguasainya dengan teknik menjajah. Portugis, Belanda serta Jepang ialah sederet nama yang sempatmenyantap lezatnya rempah-rempah dari negeri kepulauan ini, meskisetiap akhirnya tidak berhasil dan tumbang di tengah jalan. Semuatersebut tidak lepas dari kegigihan rakyat asli yang dengan motivasi kebersamaan kala itu berusaha tanpa mengenal lelah.

Atas dasar kebesaran bangsa mereka sudah berkorban harta benda, bahkan rela menyabung nyawa demi kebesaran bumi pertiwi. Sudah selayaknyaanda memberi penghormatan yang tinggi atas jasa-jasa mereka. Karenanya kita dapat tetap terdapat untuk mencium udara seraya merasakan kehidupan yang bebas dari genggaman bangsa-bangsa kolonial tersebut. Sudah menjadi keharusan kita sebagai pewaris kebebasan untuk lantas mengisinya dengan hal-hal positif. Pembangunan di segala bidang adalahtugas utama yang mesti dituntaskan. Nusantara ini mempunyai sumber daya insan dengan tingkat intelektualitas yang tinggi, sejajar dengan bengsa-bangsa beda di dunia. Beragam suku bangsa, bahasa dankebiasaan tersebut menjadi modal paling berharga yang kami sebutkan dalam tulisan unik unik tentang kebudayaan Indonesia ini guna dapatanda resapi lantas mengambil manfaatnya.

Memang dalam prakteknya kerap terjadi gesekan-gesekan di tingkat bawah (akar rumput), semua tersebut merupakan dampak dari proses interaksi serta akulturasi. Adalah wajar menilik begitu-banyaknya suku bangsa yang terdapat di tanah air anda ini, seluruh tumpah-ruah jadi satu menjalani hidup bareng dengan setiap perbedaan. Semua gesekan yang terjadi akan dapat mendewasakan setiap manusia untuk saling menerima perbedaan, satu sama lain. Jangan sampai malah menjadi penghalang atas rasa persatuan dan kesatuan yang sudah lama terbangun. Semua pihak patut menyangga diri ketika ada persoalan muncul, anda kelola secara adil dan arif dengan mengedepankan musyawarah untuk menjangkau mufakat. Melalui topik tulisan unik dan unik tentang kebudayaan Indonesia ini kami mengupayakan menyampaikan pesan bakal pentingnyamakna sebuah kebersamaan.

Artikel singkat tentang budaya di Indonesia

Kebersamaan yang terbentuk dari rasa senasib-sepenanggungan. Rasa yang tak bakal lekang oleh perjalanan waktu. Artikel unik unik tentang kebudayaan Indonesia ini keluar sebagai format keprihatinan kami terhadap meredupnya nilai-nilai kebudayaan yang telah dinyatakan kemasyhurannya oleh masyarakat dunia. Sudah semenjak dulu kiranya bangsa anda dikenal sebagai bangsa yang mempunyai peradaban tinggi. Kebudayaan yang dimaksud disini tidak sekedar pada rutinitas seremonial tertentu akan-tetapi lebih jauh lagi ke tingkah-laku kehidupan sehari-hari. Kebudayaan Jawa yang familiar Adi Luhung ialah salah-satu contohnya. Seperti suku-suku lainnya di Indonesia yang mempunyai ciri khas, Jawa adalahsalah-satu suku bangsa yang menawarkan ajaran-ajaran luhur mengenai tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di lokasi lain dapat anda temukan suku Sunda, Dayak, Asmat dan masihtidak sedikit lagi yang setiap mempunyai keanehan tersendiri. Bagi melengkapi isi artikel, inilah ini ialah produk-produk kebiasaan Indonesia yang sudah mendunia.

artikel kebudayaan indonesia

Contoh Artikel Tentang Kebudayaan Indonesia
Berikut Kebudayaan Indonesia yang Terkenal di Dunia

1. Wayang Kulit
Merupakan kebiasaan Indonesia yang sudah paling populer baik didomestik ataupun mancanegara. Bahkan, sekarang tercatat sejumlah warga asing sudah belajar dan mahir sebagai Dalang, Sinden serta Waranggono (penabuh gamelan).

2. Seni Batik
Batik ialah bagian dari seni lukis yang tadinya diaplikasikan pada kain guna pakaian maupun asesoris lainnya. Pada 2 Oktober 2009 silam UNESCO menulis seni batik adalahwarisan kebiasaan milik Indonesia.

3. Angklung
UNESCO pun telah mengakui bahwa Angklung ialah bagian dari warisan kebudayaan kita. Budaya seni musik ini memanfaatkan bambu sebagai bahan utama instrumen musik.

Berikut Seni Tari dari Indonesia yang Mendunia
1. Tari Bedhaya Sang Amurwabhumi
Tarian yang mencerminkan tentang kisah asmara dan kepemimpinan yangdibuat oleh Sultan HB X untuk memuliakan serta memperingati ayah beliau, Sri Sultan HB IX.

2. Tari Saman
Tarian Aceh ini dilaksanakan secara berjamaah dengan kekompakannya yang luar biasa. Masing-masing penari dapat menggerakkan tubuhnya secara bersamaan selaras dengan suara musik yang dinamis.

3. Tari Ratéb Meuseukat
Masih dari bumi Serambi Mekah, tarian Ratéb Meuseukat menampilkanderetan para penari yang bersila di lantai. Kebudayaan Aceh ini populer berkat kecepatan personilnya serta kekompakan gerak tubuh seraya menyanyi.

4. Tari Reog Ponorogo
Dari namanya saja kita tentu akan tahu wilayah asal kesenian ini. Tarian Reog Ponorogo bermunculan dan mulai populer di Jawa Timur denganfigur berupa Warok serta Gemblak yang tidak jarang kali ada dimasing-masing pertunjukannya. Tari-tari identik dengan nuansa mistik ini kerap mendemonstrasikan adegan ‘diluar nalar’ yang dapat membuat decak kagum semua penikmatnya. Hal tersebut pula yang menciptakan Reog Ponorogo dapat mendunia.

5. Tari Pendet
Tarian Bali ini mencerminkan sambutan atas turunnya dewata ke dunia. Tari Pendet sering pun dipertontonkan guna menyambut semua wisatawan yang berangjangsana ke Bali.

6. Tari Kecak
Tari-tari yang seluruh personilnya semua pria ini adalahkesenian khas dari Bali. Penari yang berjumlah tidak sedikit tersebut akan berjajar secara melingkar disertai suatu irama yang terbit dari setiap penarinya, mengeja kata ‘cak’ berulang-ulang sembari mengusung kedua tangan mereka.

7. Tari Klasik Keraton Surakarta
Tarian ini adalahmanifest dari tradisi di lingkungan kraton Surakarta. Semua bagian mulai dari gerakan tubuh, kostum serta musik memiliki aturan tersendiri. Para pemirsa akan disuguhi seni pentas yang anggun,apik serta sarat makna.

Sekian contoh artikel tentang kebudayaan Indonesia dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Artikel Tentang Kebudayaan Indonesia"

Mendukung Kami Dengan Klik Iklan.